Bila kebanyakan orang membuat resolusi soal jenjang karier ataupun pencapaian lain, ditahun ini ada baiknya anda menambahkan soal keuangan dalam resolusimu. Sebab, kondisi keuangan yang sehat akan membantumu mewujudkan apa pun yang anda impikan.

Jadi, mulai tahun ini, anda bisa mulai membuat rencana untuk membantumu mencapai kesuksesan dalam mengelola keuangan. Gunakan semangat baru di tahun baru ini agar anda tak mendapat kesulitan keuangan di masa depan.

Untuk itu, ada beberapa kiat yang dapat anda ambil untuk mengelola keuanganmu dengan lebih baik di tahun ini.

Menabung

Gunakan semangat barumu untuk lebih rajin menabung. Tahun ini, mulailah disiplin dan alokasikan uangmu untuk kebutuhan ini. Sebab, pada akhirnya, anda sendiri yang akan mendapatkan keuntungannya.

Pada usia 20 tahun, hasrat menabung bagi anak muda terkadang tidak terlalu kuat. Disebabkan, mereka punya kebutuhan untuk melakukan aktualisasi diri mencari jati diri seperti untuk mengunjungi tempat tempat pariwisata serta travelling jalan-jalan.

Hal tersebut tentu akan membuat mereka kesulitan dalam mewujudkan tujuan keuangan. Melalui perencanaan yang matang dan disiplin, semua bisa dilakukan dengan cara mudah.

Hemat

Selain rajin menabung, di tahun baru ini anda juga dapat mulai menjalankan pola hidup sehat dan hemat. Mulai saat ini, mulailah memilah mana kegiatan yang bersifat konsumtif dan produktif.

Bila anda menghabiskan uang untuk hal yang bersifat produktif, hal ini akan menguntungkanmu di kemudian hari. Namun, bila kegiatan yang kamu lakukan bersifat konsumtif, alih-alih mendapat keuntungan, anda bisa buntung.

Segera hentikan kebiasaan boros itu. Periksa kembali kegiatan yang sebenarnya tidak anda butuhkan. Misalnya, anda ikut program fitnes kebugaran tetapi jarang sekali datang ke tempat pusat kebugaran tersebut , ini bisa juga menjadi suatu bentuk pemborosan.

Jadi, bersiaplah untuk melakukan pembenahan diri.

Utang

Di tahun baru ini, bila masih ada utang, sebaiknya mulailah untuk melunasinya. Untuk utang jangka panjang seperti KPR, selalu jaga untuk disiplin dalam melakukan pembayaran.

Jadi, jangan sampai anda telat melakukan pelunasan. Sebab, hal ini bisa merugikan dirimu sendiri nantinya. Bila utang yang anda miliki sifatnya sekali bayar lunas, ada baiknya lunasi utang ini lebih dahulu.

Ingat juga, bila ada utang dengan bunga tinggi, lunasi utang ini lebih dahulu.

Investasi

Bila tahun lalu anda belum memikirkan untuk berinvestasi, tahun ini waktunya untuk mulai investasi. Sebab, investasi bisa membantumu mencapai tujuan keuangan di masa depan. Selain itu, tak ada ruginya menyisihkan sedikit pendapatan untuk investasi.

Dana darurat

Setelah investasi, siapkan juga dana darurat. Dana ini akan menjadi penyelamatmu nanti bila ada kondisi-kondisi yang terjadi secara tak terduga dan butuh dana. Idealnya, dana darurat ini dapat menutup pengeluaran selama 3-4 bulan ke depan.

Rencana keuangan terarah

Memiliki rencana keuangan yang matang akan membuat seseorang dapat mencapai tujuan keuangannya dengan lebih mudah. Jadi, di tahun baru ini, kamu bisa mendaftar tujuan-tujuan keuangan yang ingin anda capai.

Kemudian, lakukanlah perencanaan yang matang. Lanjutkan dengan disiplin untuk mencapai tujuan tersebut. Tetaplah fokus terhadap tujuan ini, jangan boros, dan jaga sistem pengeluaran.

Advertisements