Sebelum pergi berlibur di akhir tahun, sebagian orang menghitung anggaran rumah tangga terlebih dahulu agar biaya yang dikeluarkan tidak melebihi rencana keuangan yang sudah dibuat. Apalagi jika sampai dana liburan tersebut menggunakan anggaran bulan-bulan berikutnya, karena dampaknya tidak baik untuk keluarga.

Berikut adalah beberapa petunjuk bermanfaat yang bisa dipertimbangkan dalam mempersiapkan anggaran ke depan:

1. Mengantisipasi Perubahan

Apabila Anda mempunyai perubahan besar yang bisa diantisipasi sejak awal, seperti tagihan biaya sekolah anak atau cicilan pinjaman baru, maka catat ke dalam rencana anggaran sedini mungkin meskipun belum mengetahui nilainya secara pasti. Karena bila menunggu sampai tahu persis nilai tagihan-tagihan tersebut, hal ini mungkin tidak memberikan Anda cukup waktu untuk menyesuaikan biaya lainnya. Untuk memberi semangat, catat juga perubahan positif yang bisa saja terjadi misalnya, ada kenaikan gaji bulanan.

2. Tinjau Hasil Sebelumnya
Anda telah memiliki tujuan untuk menghadapi tahun depan. Minimal Anda tahu kapan saat mengurangi pengeluaran, meningkatkan jumlah tabungan, memotong utang, dan hal-hal lainnya yang terkait dengan penganggaran belanja dan kebutuhan. Jika masih sulit memprediksinya, Anda bisa mengacu dan mempelajari pada pengalokasian anggaran sebelumnya, hal ini tentunya akan sangat membantu.

3. Membuat Perkiraan konservatif
Buatlah perkiraan yang konservatif. Ini memang bertentangan dengan sifat manusia, tapi perkiraan konservatif akan membantu seseorang untuk hal-hal atau sesuatu yang berjalan tidak seperti yang direncanakan.

Asumsikan bahwa biaya rutin seperti bahan makanan, keperluan pribadi, dan gas akan terus meningkat. Saat ini, kenaikan 2% akan memperhitungkan inflasi di sebagian besar pengeluaran sehari-hari, tapi gas dan keperluan pribadi sehari-hari di masa mendatang biasanya juga sulit diprediksi penurunan dan kenaikan harganya.

4. Sesuaikan Anggaran
Dengan tujuan baru dan asumsi yang sudah direncanakan, sesuaikanlah anggaran yang dimiliki untuk menangani situasi di tahun depan. Dapat memprediksi anggaran setiap bulanan adalah hal terbaik bagi semua orang, meskipun semuanya tetap kembali pada pilihan Anda.

5. Tetapkan Tujuan Baru
Misalnya, jika saat ini masih memiliki cicilan rumah atau mobil yang berakhir dalam 2 atau 3 tahun lagi, tapi Anda sudah memiliki uang yang cukup untuk melunasinya saat ini. Sebaiknya putuskan mempercepat pelunasannya dengan asumsi bahwa suku bunga akan naik pada akhir tahun depan (hal ini cukup masuk akal dan minimal tidak menambah beban pikiran).

Ini adalah waktu yang tepat untuk melihat lebih jauh ke depan dan mempelajari bagaimana cara menggunakan dan mempersiapkan anggaran di tahun depan.

Advertisements