Apakah anda merasa kesulitan dalam mengelola keuangan? Tak semua orang dapat mengatur keuangannya dengan sendiri. Hal ini timbul dari kebiasaan buruk yang tidak tepat dalam mengatur keuangan. Jika kebiasaan buruk itu dibiarkan maka akan mengganggu kondisi keuangan Anda.

Berikut ini adalah tips bagaimana cara mengelola keuangan yang sehat:

1. Catat Transanksi
Biasakanlah diri Anda untuk dapat mencatat setiap transaksi agar Anda dapat mengetahui berapa banyak pengeluaran dan pemasukan. Apakah keduanya seimbang atau malah sebaliknya. Selain itu pula Anda dapat mengetahui keperluan apa saja yang tidak dibutuhkan dan segera dapat memangkasnya.

2. Membuat anggaran
Belajar untuk mengelompokan suatu transaksi dengan cara apa pun yang berguna untuk Anda, sehingga Anda dapat melihat berapa banyak Anda menghabiskan uang di hal berbeda. Ini dapat membantu Anda dalam memutuskan hal mana yang harus menghabiskan lebih banyak pengeluaran, hal mana yang dapat menghabiskan anggaran pengeluaran lebih sedikit, dan pengeluaran sehari-hari apa yang dapat kembali Anda potong. Ini merupakan keterampilan yang paling jelas dalam daftar ini, namun ini juga salah satu yang terpenting. Anda dapat membuat anggaran secara manual ataupun melalui aplikasi.

3. Rencana ke depan
Jangan hanya berpikir tentang apa yang Anda butuhkan saat ini, atau bahkan pengeluaran bulanan Anda. Sebaiknya anda pikirkan juga tentang biaya bulanan yang sering kali hinggap, yaitu asuransi jiwa, asuransi mobil, dan pajak properti. Mulailah untuk menyisihkan sedikit uang setiap bulannya untuk hal-hal tersebut, sehingga Anda dapat membayar semua itu tanpa khawatir ketika tagihan muncul.

4. Tahan godaan pengeluaran
Jangan sampai tergoda mengeluarkan uang lebih hanya untuk belanja. Dengan berbelanja, Anda bisa melawan arus, terutama jika Anda memiliki banyak utang atau pendapatan yang sangat sedikit. Maka sebaiknya Anda harus sadar bahwa Anda hanya memiliki uang sedikit. Dengan begitu, Anda akan lebih fokus dalam menjaga anggaran dan lebih bisa menahan hasrat untuk berbelanja hal yang tidak penting.

5. Hidup dengan disiplin
Sebaiknya Anda harus mulai menerapkan hidup disiplin. Cara disiplin di sini, yaitu terus memperhatikan anggaran, memperbaruinya, dan ketika Anda tidak punya uang lagi maka berhenti belanja. Dengan disiplin, Anda dapat terus membuat dan menjaga anggaran Anda, mengingatkan diri Anda untuk tujuan yang lebih besar, dan dapat membantu Anda lebih mengontrol hasrat untuk belanja hal tidak penting.

6. Tahu kapan saatnya royal
Ada saat di mana kita berbelanja secara royal. Tidak harus pesta berbelanja besar, Anda dapat mencoba dengan hal kecil, seperti pergi minum kopi dengan teman. Terserah Anda untuk memutuskan kapan untuk berbelanja secara royal, tapi pastikan hanya beberapa waktu untuk berbelanja secara royal dalam kehidupan keuangan Anda.

Disiplin dalam mengelola suatu keuangan adalah hal yang terpenting, jika Anda tidak dapat menaati aturan keuangan yang sudah Anda buat maka semua rencana Anda akan membuahkan hasil sia-sia.

Advertisements