Tak pernah habis-habisnya kita membicarakan orang kaya yang sukses. Dan tidak pernah ada habisnya juga kita belajar dengan cara meniru orang kaya dalam mengelola uang mereka.

Karena guru yang paling baik adalah orang-orang yang sudah pernah melakukan dan berhasil dengan apa yang mereka lakukan.

Mayoritas orang pasti senang bila bisa memiliki banyak harta. Menjadi kaya memang telah lama menjadi tujuan bagi sebagian besar orang di Indonesia maupun di dunia.

Sayangnya, meski telah ada orang kaya yang bisa dijadikan contoh, tapi tidak banyak yang kemudian bisa menjadi kaya juga. Mengapa? Karena kisah menjadi orang kaya itu enak dibaca dan dilihat tapi tidak banyak yang suka menirunya.

Jadi dengan kata lain, jika ingin menjadi seorang yang kaya raya, pastikan Anda meniru dan mengikuti jejak-jejak mereka yang telah lebih dulu sukses secara finansial. Apa saja trik mereka untuk bisa menjadi kaya?

Bekerja keras
Banyak orang beranggapan bahwa orang kaya kerjanya hanya bersenang-senang saja dan menghabiskan uang. Orang berfikir Karena orang kaya sudah banyak uang sehingga mereka tidak perlu lagi bekerja.

Kenyataannya, orang kaya justru bekerja lebih keras dibandingkan orang biasa. Tingkatkan pendapatan Anda dengan bekerja lebih keras lagi.

Selalu berhati-hati dengan pengeluaran kecil
Orang kaya lebih cenderung berhati-hati ketika menempatkan uang mereka pada produk investasi dan melakukan belanja atau pembelian dalam jumlah yang besar. Akan tetapi, banyak orang justru tidak hati-hati alias ceroboh dalam pengeluaran kecil.

Ini yang di kami dikenal dengan istilah “Bocor Halus”. Orang kaya biasanya selalu mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan untuk mengeluarkan dana, seberapa pun kecilnya dana yang harus mereka keluarkan.

Karena mereka percaya kapal laut akan tenggelam juga karena lubang lubang kecil yang tidak ditutup.

selalu-berhati-hati-dalam-pengeluaran

Jangan pernah beli barang tidak penting untuk pamer
Masyarakat saat ini mayoritas adalah masyarakat yang suka pamer. Apalagi ditambah dengan adanya kemajuan teknologi smartphone dan media social, memudahkan banyak orang untuk pamer. Hal ini yang kemudian menyebabkan anda bermasalah dengan keuangan.

Yang sering kali terjadi, banyak orang membeli barang hanya untuk mendapatkan pujian dari teman dan sahabat mereka saja.

Orang kaya jarang sekali pamer. Mereka tak perlu menunjukan jati dirinya adalah seorang yang kaya dengan cara membeli barang untuk dipamerkan, karena kebanyakan orang sudah tahu bahwa mereka sudah kaya.

Jadi, meski banyak uang, orang kaya jarang membeli barang yang tak dibutuhkannya hanya untuk membuat kagum orang-orang di sekitar.

Hanya Beli barang yang dibutuhkan saja
Kebutuhan lawan keinginan. Yes, masih banyak orang yang tidak bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Orang kaya tak pernah mau mengeluarkan uang untuk berbagai hal yang bukan kebutuhannya.

Dalam mengatur keuangan dan gaji bulanan yang harus selalu diingat adalah jangan menyimpan apa yang tersisa dari pengeluaran. Tapi lakukanlah pengeluaran berdasarkan sisa dari pendapatan yang telah menabung.

Sisihkan pendapatan dalam jumlah besar
Mitosnya adalah orang kaya itu selalu bersenang-senang dan menghabiskan uang, padahal realitasnya adalah mereka sangat berhati-hati dalam mengeluarkan uang dan menyisihkan sebagian besar pendapatannya untuk investasi atau menabung.

Anda lebih baik mengikuti jejak orang kaya dengan menabung dalam jumlah lebih besar. Setidaknya sepertiga dari pendapatan setiap bulan.

Advertisements