Saat ini, selain uang tunai, kartu kredit merupakan salah satu penghuni tetap di dalam isi dompet dihampir setiap orang, betulkan termasuk Anda. Ada waktu yang tepat di mana kartu kredit adalah merupakan bagian dari gaya hidup yang berkelas bagi yang berpenghasilan tinggi. Tapi dengan berbagai fasilitas dan keuntungan tentunya yang menggiurkan serta persyaratan untuk pengajuan aplikasi kartu kredit yang semakin mudah dan ringan, kartu plastik yang mempunyai fungsi sebagai alat pembayaran ini saat ini lebih mudah dimiliki oleh berbagai kalangan dan menjadi suatu bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masa kini. Jika Anda belum mengetahui apa saja keuntungan dari kartu kredit, yuks simak 10 Keuntungan Memiliki Kartu Kredit berikut ini :

1. Nyaman dan Praktis

Kartu kredit memberikan beberapa kemudahan dan kepraktisan kepada Anda sebagai pemegangnya karena Anda tidak usah membawa segenggam uang tunai dalam jumlah yang cukup banyak di dalam sebuah dompet atau tas saat mau bepergian, dan Anda pun tak harus repot-repot mencari mesin ATM untuk menarik uang tunai dengan menggunakan kartu debit atau kartu ATM saat uang yang Anda bawa tidak cukup untuk melakukan transaksi pembelian yang Anda inginkan. Jadi selain dapat menghemat tenaga dan waktu, Anda juga mendapatkan keuntungan yang lainnya yaitu pengalaman disaat berbelanja yang lebih nyaman dan praktis.

2. Menawarkan Berbagai Manfaat Tambahan

Bank penerbit kartu kredit sering kali menawarkan berbagai program fasilitas yang tersedia untuk berbagai kebutuhan dan keperluan bagi berbagai kalangan. Bagi Anda yang sering kali bepergian dengan menggunakan KA atau pesawat dan selalu atau sering kali membeli tiketnya dengan kartu kredit, biasanya pihak Bank penerbit kartu kredit menawarkan suatu poin khusus atau dikenal dengan istilah frequent flier miles atau travel points yang nantinya dapat akumulasi atau dikumpulkan dan ditukarkan dengan tiket pesawat untuk terbang gratis. Selain itu, kartu kredit juga menawarkan suatu bentuk manfaat tambahan lainnya seperti cashback atau uang tunai, diskon pembelian berbagai keperluan dan kebutuhan, poin khusus, gratis iuran tahunan, dan masih banyak lainnya. Program insentif yang ditawarkan Bank penerbit kartu kredit ini berdasarkan pada jumlah pembelian yang Anda lakukan, semakin banyak pembelian semakin banyak pula fitur manfaat yang bisa Anda dapat.

Banyak Bank perusahaan penerbit kartu kredit juga menawarkan bunga yang cukup rendah untuk kartu kredit yang baru diajukan dan sudah disetujui dalam periode tertentu, misalnya satu tahun pertama. Penawaran ini memungkinkan Anda untuk memindahkan saldo tagihan kartu kredit lama Anda dari ke kartu kredit yang bunganya lebih rendah tersebut, atau yang sering disebut juga sebagai transfer balance.

3. Lebih Aman

Meski tidak terbebas dari risiko pencurian dan disalahgunakan, tidak seperti halnya uang tunai yang jika hilang atau dicuri dapat langsung digunakan oleh siapapun, kartu kredit biasanya relatif lebih aman. Jika kartu kredit Anda hilang atau dicuri maka segeralah Anda melaporkan kehilangan tersebut ke pihak Bank penerbit kartu kredit tersebut, maka kartu kredit Anda yang hilang tadi bisa langsung segera diblokir oleh pihak Bank sehingga siapapun tidak akan dapat menggunakan kartu kredit yang hilang tersebut dan Anda pun terlindung dari penyalahgunaan kartu kredit tersebut.

4. Memberi Perlindungan Tambahan atas Pembelian

Sebagian besar perusahaan atau bank penerbit kartu kredit biasanya bersedia membantu Anda jika terjadi masalah atau perselisihan di seputar pembelian suatu produk. Apabila pihak penjual tidak bersedia mengambil kembali produk yang tidak memuaskan atau cacat, Anda dapat mencoba langsung menghubungi penerbit kartu kredit Anda, dengan catatan perusahaan kartu kredit Anda tersebut memang menawarkan fasilitas perlindungan yang dimaksud. Hal seperti ini tidak mungkin dilakukan jika Anda membeli barang secara kontan atau tunai.

Ada juga kartu kredit yang menyediakan asuransi tambahan atau garansi untuk barang-barang yang dibeli, melebihi masa asuransi atau garansi yang diberikan penjual. Apabila sebuah barang yang Anda beli dengan kartu kredit menjadi rusak setelah masa garansi dari penjual habis, Anda dapat mencoba menghubungi perusahaan penerbit kartu kredit tersebut untuk mengetahui apakah mereka dapat menanggungnya.

5. Membantu dalam Keadaan Darurat

Siapapun pasti tidak ingin mengalami keadaan darurat atau musibah yang merugikan atau tidak menyenangkan. Namun kadang keadaan darurat seperti ini tidak bisa Anda hindari. Kartu kredit dapat menjadi alat yang membantu Anda dalam melakukan suatu pembayaran untuk berbagai macam kondisi darurat apabila kebetulan uang tunai sulit diperoleh dengan cepat atau tidak tersedia.

Agar kartu kredit Anda bisa memberikan keuntungan seperti ini, tentu saja Anda juga harus memastikan bahwa limit kartu kredit Anda yang tersedia selalu mencukupi sehingga bisa dipergunakan dalam segala situasi darurat.

6. Mempermudah Mengatur Anggaran Keuangan

Kartu kredit selalu menawarkan cara untuk pembayaran tagihan secara penuh atau dengan cara mencicil. Fasilitas ini mempermudah Anda dalam merencanakan anggaran keuangan Anda maupun keluarga Anda, terutama jika Anda bermaksud melakukan pembelian dalam jumlah besar, yang cara pembayarannya dapat Anda atur sesuai dengan rencana anggaran dan kemampuan Anda.

Selain itu, kartu kredit juga menawarkan suatu fasilitas pembayaran berbagai macam tagihan melalui satu pintu, seperti listruk, telepon, air, dan televisi kabel. Dengan menggunakan fasilitas pembayaran semua tagihan ini melalui kartu kredit, Anda dapat terhindar dari keterlambatan atau kelupaan dalam membayar karena akan ditagihkan bersamaan dengan tagihan kartu kredit Anda setiap bulan sehingga anggaran keuangan per bulan Anda pun lebih jelas.

7. Menawarkan Fleksibilitas dalam Melakukan Pembelian

Berbagai toko yang menjual barang maupun jasa dan juga pusat perbelanjaan seringkali mengadakan program penawaran atau promo khusus atau memberikan diskon dalam waktu yang terbatas. Kartu kredit memberi pemegangnya lebih banyak fleksibilitas dalam melakukan pembelanjaan apabila saat itu Anda kebetulan tidak memegang uang sementara Anda benar-benar membutuhkan barang atau jasa yang ditawarkan tersebut. Anda tetap dapat memanfaatkan penawaran khusus atau diskon yang diberikan tersebut melalui pembayaran dengan kartu kredit, tentunya dengan terlebih dahulu memperhitungkan kemampuan Anda dalam membayar tagihannya di kemudian hari.

Selain itu ada Bank penerbit kartu kredit yang bekerjasama dengan perusahaan tertentu untuk memberikan point atau potongan harga, yang tentunya juga bisa dimanfaatkan apabila memang benar-benar Anda membutuhkannya.

8. Pengeluaran Lebih Terlacak

Sebagai pengguna setia kartu kredit, Anda selalu mendapatkan catatan transaksi dalam lembar tagihan Anda setiap bulannya yang berisi semua transaksi yang Anda lakukan dengan menggunakan kartu kredit tersebut. Oleh karena itu, pengeluaran Anda setiap bulannya lebih dapat dilacak karena sudah tercatat setiap bulan dalam lembar tagihan yang rutin Anda terima.

9. Mempermudah Transaksi Online

Sekarang ini berbelanja secara online sudah terbilang hal yang biasa dan lumrah dilakukan dan toko-toko online pun sudah begitu banyak menjamur, dan selalu yang menawarkan berbagai macam kebutuhan untuk berbagai macam kalangan dari segala usia, perempuan ataupun laki-laki. Dalam melakukan pembayaran transaksi online tersebut, selain transfer tunai dan debit, opsi pembayaran kartu kredit juga dapat digunakan untuk mempermudah dan mempercepat proses berbelanja di dunia maya sebab hampir semua situs belanja online saat ini menerima kartu kredit sebagai alat pembayaran. Tentunya pastikan terlebih dahulu situs tempat Anda hendak berbelanja online merupakan situs belanja online yang aman, terpercaya,  jelas dan bereputasi baik.

10. Dapat Digunakan di Seluruh Dunia

Sebagian besar kartu kredit diterima dan bisa juga untuk digunakan di berbagai toko atau penjual di seluruh dunia yang menyediakan fasilitas pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Daripada membawa uang tunai dalam jumlah besar dengan risiko dicuri atau hilang, lebih baik membawa kartu kredit sebagai alternatif alat pembayaran dan bertransaksi di luar negeri. Anda pun tidak usah repot menukar uang ke mata uang negara tujuan Anda dalam jumlah yang cukup besar. Jadi bagi Anda yang mempunyai pekerjaan yang menuntut Anda sering kali bepergian ke luar negeri atau Anda hobi travelling berwisata keliling dunia, maka kartu kredit dapat menjadi sebuah benda penting yang cukup menguntungkan.

Jika Anda merupakan pembelanja yang bijak yang senantiasa jeli dalam mengendalikan pembelanjaan, Anda bisa memetik berbagai keuntungan yang dapat ditawarkan kartu kredit untuk sebagian besar pembelanjaan Anda, seperti yang sudah disebutkan dalam poin-poin di atas. Untuk informasi yang lebih lanjut mengenai penggunaan kartu kredit yang tepat dan keuntungan spesifik apa saja yang ditawarkan, Anda dapat juga berkonsultasi dengan pihak bank penerbit kartu kredit Anda.

Advertisements