Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika ada banyak sekali orang orang yang memiliki kartu kredit dalam jumlah yang cukup banyak, artinya bisa lebih dari 2 atau 3 buah kartu kredit sekaligus atau bahkan lebih. Hal ini dapat terjadi karena bank memberikan kemudahan fasilitas dalam mengakses uang plastik yang semakin hari semakin populer ini. Dengan begitu, orang-orang dapat memiliki serta menggunakannya dengan lebih mudah jika dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya.

Menggunakan kartu kredit dalam jumlah yang banyak tentunya tidak ada salahnya, terutama jika kartu-kartu kredit tersebut memang memiliki banyak manfaat yang baik di dalam kehidupan kita, di mana kartu kredit tersebut dapat membuat berbagai urusan keuangan keluarga kita menjadi mudah dan lancar. Selama pemakaian kartu kredit kita bagus dan pembayaran yang kita lakukan berjalan dengan lancar, maka memiliki sejumlah kartu kredit bukanlah sebuah masalah dalam keuangan. Namun, apa yang terjadi jika beberapa kartu kredit tersebut malah membuat kita mengalami beberapa kesulitan dalam mengatur keuangan?

Sebagian besar masyarakat pasti akan setuju jika dikatakan bahwa segala sesuatu yang secara berlebihan tidak selalu baik dan dapat membawa kita dalam sejumlah kesulitan dan masalah. Hal ini juga berlaku pada kepemilikan kartu kredit, di mana semakin banyak kartu yang kita miliki, maka semakin sulitlah kita akan mengatur dan juga mengontrol penggunaan kartu kredit tersebut. Akan sangat bijak jika kita hanya memiliki sejumlah kartu kredit yang memang benar-benar kita butuhkan saja, dan dengan begitu kita tak perlu menyimpan risiko penyalahgunaan ataupun pemanfaatan yang tidak optimal atas kartu-kartu tersebut. Simak beberapa poin  dibawah ini, terkait dengan penggunaan dan juga pengelolaan kartu kredit yang benar.

Baca Juga: 10 Keuntungan Memiliki Kartu Kredit

1. Hindari Utang

Ketika saat kita memiliki kartu kredit untuk pertama kalinya, maka kita wajib mempunyai kesadaran penuh mengenai sejumlah dana yang terdapat di dalamnya. Kartu kredit bukan fasilitas pinjaman atau dana lebih yang diberikan oleh bank secara cuma-cuma. Pahamilah secara baik bahwa semua transaksi yang akan kita lakukan menggunakan kartu kredit adalah sebagai utang yang harus kita bayarkan jika tagihan sudah datang nanti. Gunakan kartu kredit yang memberi manfaat maksimal dan diterbitkan oleh bank penerbit kartu kredit yang bisa dipercaya.

2. Hindari Menggunakan Banyak Kartu Kredit

Tidak ada gunanya mempunyai banyak sejumlah kartu kredit. Hal ini justru dapat memicu kita melakukan sejumlah pembelanjaan yang tidak perlu dan menimbulkan sejumlah utang di masa depan. Pikirkan untuk menggunakan hanya 1 atau 2 kartu kredit terbaik yang memberikan banyak keuntungan. Hindari pembelanjaan yang tidak begitu penting dengan menggunakan kartu kredit yang kita punyai. Jangan berbelanja dengan kartu kredit, jika memang tidak mendapatkan sejumlah keuntungan.

3. Sesuaikan Limit Kredit dengan Pendapatan

Akan sangat bijaksana jika kita hanya menggunakan kartu kredit dengan limit yang sesuai dan tepat. Artinya, limit tersebut sesuai dengan pendapatan atau penghasilan kita. Jangan sampai kita mempunyai beberapa kartu kredit yang limitnya puluhan kali lipat jumlahnya dari penghasilan tetap kita setiap bulannya. Hal ini sangat begitu berbahaya bagi keuangan keluarga kita, terutama jika kita memiliki kesulitan dalam mengontrol pembelanjaan.

4. Tutup yang Memang Tidak Perlu

Ada kalanya bank penerbit memberikan fasilitas kartu kredit dengan sangat begitu mudah, bahkan ketika kita hanya melakukan pengajuan yang tidak begitu berharap. Hal seperti ini dapat membuat kita mempunyai beberapa kartu kredit yang tidak dimanfaatkan dengan optimal, dan ini tidak baik bagi keuangan Anda. Lakukan penutupan pada kartu kredit yang memang jarang digunakan, kemudian pilih kartu kredit yang paling banyak memberikan manfaat bagi kita. Penutupan ini dapat dilakukan dengan cara mempertimbangkan beberapa hal seperti : besaran bunga yang dikenakan bank penerbit kartu kredit, penawaran dan fasilitas atau fitur yang diberikan oleh bank, berbagai macam biaya yang wajib kita bayarkan, dan juga berbagai macam manfaat yang dapat kita gunakan.

5. Lakukan Penutupan Secara Bertahap

Jika kita memiliki suatu rencana untuk menutup sejumlah kartu kredit yang kita punyai, maka jangan melakukan hal tersebut sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Hal ini akan sangat mempengaruhi BI Checking kita. Lakukan penutupan secara berkala, buat jeda waktu beberapa minggu antara penutupan satu kartu dengan kartu kredit yang lainnya.

Baca Juga: 9 Fakta Tentang Kartu Kredit Yang Luput dari Pertimbangan Kita

6. Gunakan Secara Bergantian

Saat mempunyai beberapa jenis kartu kredit, maka dapat dipastikan jika kita akan memiliki satu jenis kartu kredit favorit. Biasanya kartu kredit favorit inilah yang akan sering kita gunakan dalam berbagai transaksi keuangan yang akan kita lakukan. Hal ini kurang baik, karena secara otomatis kita akan sangat jarang menggunakan kartu kredit lainnya yang kita miliki. Lakukan rotasi pada penggunaan kartu kredit yang kita miliki, gunakan beberapa kartu kredit tersebut secara berkala dan bergantian agar semua kartu bisa digunakan.

7. Pilih Kartu kredit dengan Suku Bunga Terendah

Setiap bank penerbit kartu kredit tentunya akan menerapkan beberapa kebijakan dalam kartu kredit yang mereka terbitkan, termasuk dalam menentukan besaran suku bunga yang mereka terapkan pada kartu kredit tersebut. Ada banyak bank penerbit kartu kredit yang menawarkan suku bunga yang cukup rendah bagi nasabahnya, dan kita dapat mempertimbangkan hal tersebut terutama jika kita mempunyai kebiasaan tidak melunasi seluruh tagihan setiap bulannya.

8. Minta Kenaikan Limit

Limit kecil dan tidak pernah naik selama beberapa waktu. Ini adalah salah satu alasan bagi banyak orang untuk menggunakan kartu kredit lebih dari satu di dalam hidup mereka. Intinya hanya satu, limit kredit yang diberikan oleh pihak bank tidak mencukupi untuk berbagai transaksi keuangan yang dilakukan. Hal ini tentunya akan  menjadi sebuah masalah, terutama bagi kita yang mempunyai sejumlah aktivitas padat dalam keuangan.

Jangan sungkan untuk meminta kenaikan limit pada bank penerbit kartu kredit yang kita gunakan, terutama jika kita telah cukup lama menjadi nasabah mereka. Namun jika bank tersebut menolak kenaikan limit yang kita minta, maka tidak ada salahnya untuk mengganti kartu kredit tersebut dengan kartu kredit dari bank lain yang bersedia memberikan limit lebih besar.

9. Hindari Penggunaan Melebihi Limit

Jangan menggunakan kartu kredit sampai mencapai batas kredit maksimal, hal seperti ini bisa membuat skor kredit kita akan menjadi buruk. Gunakan kartu kredit pada batas limit yang wajar, sekitar 40% dari limit yang diberikan oleh bank.

10. Lunasilah Seluruh Tagihan

Lakukanlah pelunasan terhadap seluruh pembelanjaan kita dan juga berbagai biaya yang timbul di dalam kartu kredit kita, terutama iuran tahunan. Jangan sampai sejumlah hutang dan tunggakan membuat skor kredit kita menjadi buruk di mata bank.

Baca Juga : 6 Cara Cerdas Melunasi Kartu Kredit

Penuhi Kewajiban Sebagai Pemegang Kartu

Berhasil atau tidaknya kita dalam mengelola kartu kredit yang kita miliki, tentu akan sangat bergantung pada pola pikir dan juga gaya hidup yang kita jalani. Kartu kredit adalah fasilitas perbankan yang diberikan dengan tujuan memudahkan berbagai transaksi keuangan, jangan sampai hal ini justru menyulitkan kita di masa yang akan datang. Gunakan dengan bijak dan bayar dengan disiplin.

Advertisements