Rasanya berbelanja atau shopping adalah hal yang sudah menjadi kesenangan setiap para wanita. Meskipun salah satu dari mereka merupakan tipe yang irit atau hemat, tapi tak menolak juga jika mereka para wanita mendapatkan bonus lebih atau jatah untuk berbelanja tentunya.

Hasrat berbelanja bagi setiap wanita bisa muncul kapan saja, terutama saat mereka sedang merasa badmood. Maka dengan begitu obat yang paling tepat dan manjur adalah dengan cara shopping atau berbelanja.

Indonesia memiliki penduduk yang banyak dan sebagian besar adalah dihuni oleh para wanita. Uniknya lagi beberapa wanita memiliki suatu kebiasaan yang berbeda dalam hal shopping termasuk wanita Indonesia. Lantas apa saja kebiasaan yang dapat atau biasa dilakukan oleh wanita-wanita Indonesia saat sedang berbelanja?

1. Tawar Menawar

Meskipun sudah ada potongan harga atau diskon namun meraka para wanita belum puas jika belum tawar menawar. Mungkin diluar negeri ada tawar menawar, hanya saja tidak terlalu ekstrim dan tidak semua tempat dapat dilakukan untuk tawar menawar belanjaan. Berbeda dengan di Indonesia tawar menawar merupakan suatu tradisi yang sudah jadi kebiasaan.

tawar_menawar

Bahkan wanita di Indonesia berani melakukan tawar menawar hingga setengah harga atau 50%nya. Maka kebiasaan ini sangat sulit didapatkan di Negara lain. Selain itu juga wanita Indonesia yang berbelanja tidak pandang tempat agar bisa tawar menawar. Berbeda dengan tempat di plaza atau mall yang memang sudah bulat harganya.

2. Lokasi Belanja

Pasar di Indonesia sangatlah begitu banyak, karena banyak daerah yang terpisah oleh topografi dan lautanyang berbeda beda. Hal ini juga mempengaruhi jenis pasar yang ada di seluruh Indonesia. Misalnya di luar negeri sudah banyak mall besar dan juga mall kecil. Namun di Luar Negeri sana tak ada pasar yang becek dan sejenisnya.

Berbeda dengan Indonesia yang tergolong dalam berbagai jenis seperti pasar sayur atau becek, pasar tradisional seperti pasar pakaian, mall kecil, grosir baju, minimarket, supermarket dan juga mall besar atau plaza. Nah lokasi ini ternyata juga berpengaruh pada kebiasaan wanita Indonesia yang menggolongkan uang yang mereka miliki dengan jenis pasar atau tempat berbelanja. Kelebihannya sudah jelas Anda dapat menyesuaikan kantong dan juga uang yang dimiliki.

Baca Juga : Keuangan Si Pengantin Baru

3. Tidak Sendiri

Manusia cenderung berbelanja karena membutuhkan barang yang memang bisa dibeli dengan berbelanja. Uniknya di Indonesia wanita akan meningkat kemungkinan berbelanja jika ada yang menemani.

Sebanyak 42% wanita akan berbelanja jika berjalan-jalan bersama pasangan. Sedangkan persentase yang terkecil adalah  1% ketika wanita berbelanja sendirian. Bahkan sudah menjadi kebiasaan wanita Indonesia yang ingin berbelanja pasti minta ditemani oleh keluarga, teman, dan pasangan.

4. Menghitung Diskon

Menghitung dulu diskon merupakan hal biasa dalam berbelanja dan kebiasaan wanita Indonesia. Lucunya bukan diskon yang penting namun nominal atau jumlah dalam rupiah yang dibutuhkan wanita Indonesia. Maka jangan aneh ketika ada di toko yang penuh dengan diskon maka akan ada wanita yang sibuk melihat ponselnya. Bisa jadi dia sedang menghitung diskon.

Baca Juga : Ini Ciri2 Suami Selingkuh

5. Tidak Enak jika Tidak Membeli

Melihat-lihat saja merupakan hal yang standar. Jika berbelanja diluar rasanya jarang orang hanya melihat kemudian pergi. Beberapa toko bahkan memang menandakan bahwa dilarang hanya melihat-lihat saja namun uniknya orang Indonesia harus izin atau bilang terlebih dahulu pada karyawan toko. Tentu tidak masalah jika hanya melihat-lihat. Karena toko tidak seperti katalog sebuah produk yang sudah menampilkan pakaian, warna, foto dan lainnya sehingga memudahkan Anda dalam membeli.

Buang-buang-Duit

Mengurangi Kebiasaan Buruk saat Berbelanja

Sebenarnya kebiasaan ini menjadi ciri khas karena hampir semua wanita di Indonesia melakukan hal tersebut. Tidak salah, hanya saja kebiasaan tersebut jika dilakukan secara berlebihan akan sangat menyulitkan Anda juga ketika saat berbelanja. Seperti lama mendapatkan barang, kembali lagi ke toko awal setelah berputar-putar hingga mendapat respon yang tidak baik dari karyawan atau pelayan toko.

Sebenarnya mereka bisa saja menjadi tidak senang karena perilaku yang Anda tunjukkan, Meskipun pembeli adalah raja, namun pembeli yang menyebalkan dapat menyebabkan neraka juga. Bijaksana dalam berbelanja juga akan sangat menolong Anda sebagai wanita untuk tahu kapan harus berbelanja dan kapan harus menyimpan uang.

Advertisements