Kredit Tanpa Agunan [KTA] atau yang biasa dikenal dengan Pinjaman tanpa jaminan merupakan produk perbankan berupa pinjaman dana tunai yang diberikan kepada nasabah dalam bentuk pinjaman dengan pembayaran secara periodik tanpa jaminan.
Banyak Bank bank di Indonesia yang menawarkan fasilitas produk pinjaman KTA ini contohnya Bank BCA atau Bank Mandiri. Pengajuan KTA dapat dilakukan dengan dua cara melalui Kantor cabang dari bank Pemberi produk.
Pengajuan KTA tersebut dapat diterima ataupun ditolak berdasarkan pertimbangan dari bagian analis keuangan perbankan tersebut. Secara prosedur pengajuan KTA lebih sederhana bila dibandingkan dengan pinjaman menggunakan Agunan.

Secara umum pengajuan KTA tidak disetujui disebabkan karena si pemohon atau yang mengajukan pinjaman tidak dapat memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Sehingga walaupun terlihat sederhana dalam pengajuannya, Namun bukan berarti sembarangan dalam mengajukan aplikasinya.
Agar pengajuan aplikasi KTA berhasil di setujui, kami merangkum beberapa langkah yang perlu dipelajari oleh calon nasabah KTA :
  • BI Checking
Merupakan daftar hitam dari para nasabah yang sudah mendapatkan pinjaman dari bank namun dalam pembayarannya suka menunggak, dan sebagian bahkan cenderung tidak melunasi pinjaman yang diberikan tersebut.
Tolak ukur yang diberikan dalam tahap ini adalah angka satu hingga lima. Angka satu artinya nasabah memiliki riwayat yang baik dalam pinjaman atau kredit yang pernah diajukan, sedangkan untuk angka dua hanya menunggak beberapa hari kemudian langsung dilunasi beberapa hari kemudian, namun ada juga yang masih ditolak pengajuannya.
Oleh karena itu bila nasabah mengalami hal tersebut disarankan agar melapor ke bank tempat mengajukan pinjaman agar nilai di Bank Indonesia dapat segera di perbaharui.
  • Wawancara
Dalam tahap ini orang yang mengajukan pinjaman ke bank harus dapat melewatinya. Oleh karena itu jangan pernah jauh dari handphone yang dimiliki bila sedang dalam proses pengajuan agar proses persetujuan aplikasi KTA dapat dengan mudah disetujui.
Ada yang melakukan komunikasinya lewat handphone hanya satu kali, dan ada juga yang sampai tiga kali.
  • Cek Hutang
Umumnya pihak bank akan mengetahui bila kita mempunyai riwayat hutang di bank lain, hutang pada Leasing atau perusahaan pembiayaan seperti Adira dan sejenisnya.
Penolakan terhadap pengajuan aplikasi KTA akan terjadi apabila hutang yang dimiliki melebihi 40% dari gaji yang dimiliki.
Contoh gaji yang dimiliki 4 juta dan memiliki hutang kartu kredit 1,5 juta, dan KTA yang diajukan membutuhkan cicilan 1 juta per bulannya, maka bila KTA disetujui hutangnya akan mencapai 2,5 juta dan melebihi 40 gaji yang dimiliki.
  • Cek Data Secara Silang
Umumnya mengecek data secara silang dilakukan oleh pihak analis dari bank tempat mengajukan pinjaman untuk memastikan validnya aplikasi yag diajukan calon nasabah KTA.
Contoh Bila dalam aplikasi pengajuan KTA kita mencantumkan penghasilan 8 juta, namun ketika dicek ke pihak HRD ternyata gajinya hanya 6 juta, maka aplikasi pun akan ditolak karena dinilaisudah  bohong terhadap Analis.
Bukan hanya dari jumlah penghasilan saja yang dianalisa, namun hingga hal terkecil seperti tanggal pengajuan berbeda dengan tanggal di kop surat, tanda tangan berbeda, kemudian alamat kantor yang berbeda, tanggal di surat keterangan penghasilan dengan surat keterangan kerja berbeda, dan masih banyak lagi.
  • Pastikan Kemampuan Bayar
Faktor ini menggambarkan analisa dari pihak bank bahwa calon nasabah KTA akan sanggup membayar atau tidaknya.
Sebagai contoh bila nasabah bekerja melalui perusahaan alih daya atau outsourcing, maka dipastikan aplikasi KTA tidak akan disetujui karena rawan diputus pekerjaannya sewaktu-waktu dan penghasilan akan tidak mengalir dan cicilan pembayaran hutang macet.
  • Rekomendasi Pihak ketiga
Tahap ini merupakan langkah dari anasli keuangan bank dalam memastikan kebenaran data yang diajukan.
Sebagai contoh pihak bank akan menghubungi orang yang ada disekitar kita seperti bagian HRD atau atasan kita langsung untuk menanyakan riwayat hutang yang dimiliki, misalnya membayar hutang kartu kredit dengan berhutang lewat kas kantor dan sejenisnya.
Bahkan tidak menutup kemungkinan bank akan bertanya ke tetangga rumah nasabah untuk memastikan memiliki riwayat hutang atau tidaknya di lingkungan tempat tinggalnya sendiri.
Dengan memahami beberapa factor yang menjadi penyebab pengajuan KTA ditolak, maka masyarakat dapat memperhatikan hal-hal tersebut agar pengajuan KTA nya disetujui. Waspada juga dengan penipuan dengan modus pinjaman tanpa bunga, dan pasti disetujui.
Yang Mau memesan Jasa Cek BI Checking baca dulu ya syarat & Ketentuannya
Advertisements