Keuangan pada seorang individu atau dalam sebuah keluarga sangat begitu mempengaruhi pilihan serta kesejahteraan taraf hidup seseorang. Tanpa dukungan finansial dan keuangan yang stabil, seseorang tidak akan mampu memiliki kualitas hidup baik. Tak jarang pula keuangan atau finansial yang buruk dapat membuat seseorang menjadi terpuruk secara psikologisnya.

Tetapi banyak juga alasan mengapa seseorang individu gagal dalam mengatur keuangan mereka. Alasan yang utama mungkin disebabkan karena kurangnya informasi dan pengetahuan tentang finansial. Mungkin juga kurangnya pengetahuan akan keuangan dan cara efektif untuk mengaturnya membuat seseorang menjadi gagal.

Salah satu jalan keluar dan solusinya yang terpercaya adalah dengan bantuan seorang konsultan keuangan. Tetapi kapankah sebenarnya Anda membutuhkan bantuan konsultan keuangan? Berikut adalah tiga tanda-tanda Anda membutuhkan bantuan seorang yang profesional.

Kondisi keuangan yang buruk

Kebutuhan akan konsultan keuangan sangat tinggi ketika Anda sedang mengalami kondisi keuangan yang buruk dan kondisi ini tidak kunjung membaik. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kesalahan pengaturan keuangan yang tidak disadari. Kondisi keuangan yang sehat berarti antara pendapatan, pengeluaran, utang dan investasi harus seimbang. Jika terdapat pembengkakan pada salah satu dari hal tersebut, berarti keuangan Anda dinilai kurang sehat.

Hal pertama yang dapat menyebabkan kondisi keuangan Anda yang buruk adalah pengeluaran yang melebihi pendapatan atau sering kita bilang “besar Pasak dari pada Tiang”. Pengeluaran di sini bisa berupa pembiayaan kebutuhan keluarga sehari-hari ataupun pembayaran cicilan hutang pribadi. Jika merasa bahwa orang lain yang memiliki tingkat gaji sama masih dapat melakukan suatu investasi dan Anda tidak, ini berarti Anda memiliki pengaturan keuangan yang cukup buruk. Maka dari itu perbaikilah mulai dari sekarang.

Advertisements