Biaya pendidikan anak merupakan hal yang sangat begitu penting untuk dipersiapkan dan direncanakan dengan matang dan tepat, mengingat jumlah biaya sangat besar dan selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Sebagian orangtua bahkan telah melakukan persiapan biaya ini sejak awal, bahkan ketika mereka masih sedang menunggu kelahiran anak di tengah-tengah keluarga mereka. Anda pastinya bertanya tanya, sesulit itukah mempersiapkan dana pendidikan ini?

Setiap tahunnya, biaya pendidikan akan mengalami kenaikan sekitar 10-15%. Ini tentu jumlah yang sangat besar dan patut diwaspadai sejak awal, terutama bagi Anda yang memiliki anak yang masih berusia batita atau balita saat ini. Anda tentu bertanya-tanya, berapa besar nantinya jumlah biaya yang harus Anda keluarkan ketika mereka akan menempuh pendidikan di bangku kuliah, mengingat saat ini saja jumlah biayanya sudah sangat besar.

Pendidikan anak sudah pasti akan dimulai dari tingkat yang paling rendah, yakni Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD). Dalam level ini, selaku orang tua tentu hanya akan membutuhkan sejumlah biaya yang tidak begitu besar, terutama jika ternyata baru memiliki seorang saja anak yang berusia sekolah.

Namun, ketika anak telah sekolah di SMP atau SMA sampai ke bangku kuliah, maka Anda akan mulai merasakan bahwa beban keuangan menjadi terasa berat. Hal ini bahkan akan bertambah berat dengan bertambahnya jumlah anak yang harus masuk sekolah. Anda mulai kewalahan, dan mungkin akan kesulitan dalam memenuhi berbagai kebutuhan pendidikan si kecil.

Baca Juga : Pengaturan Keuangan Bagi Calon Ayah

Tempatkan dalam Asuransi Pendidikan

Ada banyak orang yang melakukan investasi untuk menjamin masa depan anak-anak mereka, di mana mereka berharap kelak investasi tersebut dapat memenuhi kebutuhan dana pendidikan ini dengan baik. Berbagai instrumen investasi dapat dipilih untuk mendapatkan sejumlah keuntungan yang besar, namun hal ini tentu dibarengi dengan sejumlah resiko yang juga besar, sebab semakin besar keuntungan maka akan semakin besar pula risiko yang ditanggung.

Memilih asuransi pendidikan adalah langkah tepat yang bisa Anda lakukan, sebab produk ini memang diperuntukkan bagi kebutuhan tersebut. Meski tidak menutupi semua kebutuhan pendidikan anak di masa yang akan datang, namun asuransi pendidikan akan sangat membantu dan mengurangi beban akan besarnya biaya pendidikan anak kelak.

Sangat penting untuk menemukan produk asuransi pendidikan yang tepat, agar investasi yang dilakukan dapat memenuhi kebutuhan tersebut dengan baik. Simak beberapa tahap di bawah ini, yang bisa dilakukan untuk merencanakan biaya pendidikan anak dengan tepat:

1. Lihat Kondisi Keuangan

kondisi keuangan

Sebelum kita memutuskan untuk melakukan investasi pada produk keuangan tertentu, Anda wajib meninjau kembali kondisi keuangan dengan baik. Catat dan hitung semua aset yang dimiliki saat ini, baik itu yang berupa dana tunai ataupun berbagai investasi lainnya. Tinjau kembali semua persediaan dana yang dimiliki saat ini, lalu hitung nilai proyeksinya di masa yang akan datang ketika anak akan menempuh pendidikan di bangku kuliah nanti (misalnya 18 tahun mendatang).

Hal ini akan membantu Anda untuk dapat melihat kemampuan keuangan Anda saat ini, dalam memenuhi kebutuhan biaya pendidikan anak di masa yang akan datang. Jika telah mengetahui kemampuan, maka Anda dapat mengatasinya dengan lebih mudah lagi.

2. Hitung Jumlah Biaya Pendidikan Anak di masa yang akan Datang

jumlah biaya pendidikan

Langkah selanjutnya adalah melakukan perhitungan jumlah biaya yang akan dibutuhkan anak untuk pendidikannya di masa yang akan datang. Lakukan hal ini secara bertahap, mulai dari jenjang pendidikan yang paling rendah, hingga kelak anak akan duduk dan menyelesaikan pendidikannya di bangku kuliah. Jumlahnya mungkin akan sangat besar, jadi jangan sampai kaget dengan hal ini.

Lihatlah besaran rata-rata biaya pendidikan anak yang berlaku saat ini, sehingga lebih mudah untuk menghitungnya. Jangan lupa untuk memperhitungkan inflasi dalam hal ini, sebab inilah poin sebenarnya yang sedang Anda atasi dalam penyediaan dana ini. Lakukan perhitungan dengan tepat dan cermat, sehingga dapat menemukan jumlah yang tapat.

Baca Juga : Menjaga Kesehatan Sama dengan Menjaga Keuangan

3. Hitung Kekurangan Biayanya

hitung kekurangan biaya

Setelah melakukan perhitungan biaya pendidikan anak di masa yang akan datang dan mendapatkan angka yang akurat, maka Anda sudah bisa menghitung jumlah kekurangan dana yang Anda butuhkan untuk hal tersebut. Bandingkan dengan jumlah dana yang dimiliki sekarang, sehingga bisa dengan mudah menemukan nilai kekurangannya di masa yang akan datang.

Kekurangan inilah yang harus diantisipasi sejak awal, yakni dengan melakukan investasi atau menyiapkan sejumlah dana pendidikan dengan cara membeli produk asuransi pendidikan. Jika tujuannya adalah dana pendidikan, maka akan sangat tepat jika Anda memilih sarana asuransi pendidikan untuk kebutuhan tersebut.

4. Beli Produk Asuransi Pendidikan yang Tepat

asuransi pendidikan

Hampir semua  perusahaan asuransi memiliki produk asuransi pendidikan. Hal ini membuktikan bahwa pasar yang tersedia untuk produk ini memang cukup besar. Anda akan memiliki sejumlah pilihan produk yang dapat dipertimbangkan, tentunya dengan cara mengumpulkan berbagai informasi yang akurat terlebih dahulu. Jangan lupa untuk selalu melakukan perbandingan antara satu produk dengan produk yang lainnya, sehingga dapat menemukan dan membeli sebuah produk terbaik yang paling tepat untuk kebutuhan keuangan ini.

Jika ternyata tidak memiliki pemahaman yang cukup baik terkait dengan produk asuransi pendidikan ini, maka akan sangat tepat jika mencari informasi langsung pada ahlinya. Anda dapat menghubungi agen asuransi, ataupun datang langsung ke kantor mereka, sehingga Anda bisa mendapatkan informasi yang paling akurat dan berasal dari sumber yang dapat dipercaya.

Di sana juga bisa melakukan simulasi mengenai kebutuhan dana pendidikan anak tersebut, sehingga Anda dapat mengetahui dengan jelas bagaimana dan kapan Anda dapat memenuhi kebutuhan dana tersebut. Ini akan jauh lebih aman dan akurat, sebab memperhitungkan dan mempersiapkannya dengan jumlah yang tepat.

Meski asuransi pendidikan tidak dapat memenuhi semua kebutuhan dana pendidikan tersebut, namun produk ini akan sangat membantu untuk lebih mudah dan ringan dalam mengatasi kebutuhan dana pendidikan anak di masa yang akan datang. Pilih produk yang terbaik, agar kebutuhan dana ini dapat terpenuhi dengan baik di masa yang akan datang.

Siapkan dalam Jumlah yang Tepat

Biaya pendidikan anak selalu menjadi hal yang sangat penting untuk dipersiapkan sejak awal. Jumlahnya terbilang sangat besar, sebab bia

ya ini akan dipengaruhi oleh inflasi yang terjadi. Hitung dan tempatkan dana pendidikan anak di dalam asuransi pendidikan, dan selalu pastikan bahwa Anda menyiapkannya dalam jumlah yang tepat, sehingga kebutuhan tersebut dapat terpenuhi dengan baik nantinya.

Baca Juga : Strategi Jitu Dalam Menyikapi Biaya Mahal Rumah Sakit

Advertisements