Hanya sekedar mengingatkan jadi ketua RT itu gak gampang loh , berikut ini beberapa tips menjalani tugas menjadi ketua RT yang bijaksana serta amanah :

  • Bermusyawarah dalam mengambil keputusan
  • Memberi contoh yang baik terhadap warga sekitar
  • Melindungi warga tanpa pandang bulu
  • Melayani warga masyarakat dengan baik dan ramah
  • Menjaga kebersihan serta keamanan lingkungandan akhirnya lingkungan Anda menjadi tidak nyaman.

Seseorang yang kita sebut Pak RT adalah seseorang yang diibaratkan sebagai manusia agung di lingkungan kita. Dia adalah ujung tombak pemerintahan yang langsung mengena pada kita. Betapa tidak? Setiap kita berurusan dengan negara dan kependudukan, Pak RT selalu memberi jalan bagi kita. Tidak terkecuali dalam sistem perbankan. Pembuatan rekening baru selalu membutuhkan alamat lengkap hingga RT dan RW tempat tinggal kita. Pembuatan surat pindah, surat keterangan miskin dan berbagai surat pengantar lainnya yang bersifat resmi, selalu membutuhkan tanda tangan Pak RT. Secara langsung, Pak RT adalah orang pertama yang berhak menentukan apakah kita ini layak terjun di masyarakat luas atau tidak, bukan begitu? Pembuatan KTP, SIM, dan surat-surat penting lainnya selalu meminta tanda tangan Pak RT pada surat pengantar pertamanya.

Itu membuka pikiran saya lebih luas lagi. Siapa sebenarnya sosok Pak RT ini? Mengapa beliau memiliki hak sedemikian besar dalam hal kehidupan pribadi kita? Jika saya hendak membuat KTP, SIM, itu adalah semata-mata urusan saya, bukan urusan Pak RT. Saya pernah punya pengalaman saat membuat Surat Kelakuan Baik di kepolisian dan tetap saja, orang pertama yang harus saya datangi adalah Pak RT. Peduli apa Pak RT dengan saya? Apakah saya ini orang baik atau tidak, Pak RT sesungguhnya tidak tahu dan tidak pernah benar-benar tahu. Saya yakin pihak kepolisian lebih tahu dari pada Pak RT.

Baca Juga : Istri Menemukan Suami Selingkuh Lewat Kartu Kredit

Saya rasa polisi punya rekap data yang cukup lengkap tentang nama-nama orang yang pernah masuk penjara atau pun terlibat dalam tindakan melanggar hukum lainnya yang tidak harus masuk penjara. Jadi, jika saya adalah orang jahat dan pernah melakukan tindak kriminal serius dan masuk penjara, kemudian saya mengganti nama saya entah bagaimana caranya, apakah Pak RT tahu bahwa saya ini seorang penjahat? Apa pak RT tahu bahwa Soni Laksono adalah Gayus Tambunan? Saya ragu dia tahu. Karena itu saya mulai mempertanyakan kredibilitas seorang RT. Karena Pak RT bukanlah orang yang bekerja penuh waktu guna mengurusi RTnya. Pekerjaannya sebagai Pak RT hanya dilakukan ketika ia pulang dari kerja profesionalnya.
Berangkat dari situ, saya mulai menelusuri ketidakefisienan dari seorang Ketua RT, bahkan dari RT itu sendiri. Sebenarnya lingkungan RT adala lingkungan yang dinamis, namun selalu terikat pada aturan-aturan statis. Yang saya tahu dari RT saya, adalah diadakannya arisan para bapak-bapak yang diadakan sebulan sekali. Entah apa yang mereka bicarakan dalam arisan itu. saya lantas bertanya, apakah bapak-bapak ini tidak punya pekerjaan lain? Bagaimana jika Albert Einstein tinggal di RT itu. ia harus menunda penelitiannya dalam teori relativitas demi mengikuti acara remeh temeh semacam itu. Saya mulai sadar mengapa Indonesia tidak melahirkan Albert Einstein yang berikutnya.

Baca Juga : Para HRD Wajib BIC para calon Karyawan

Singkat Cerita bulan November 2016 lalu ada Ketua RT yang menggunakan jasa kami, dia memberikan data2 warga nya kurang lebih ada 70an KK , bermotifkan dari kasus terorisme yang marak pada waktu itu si Ketua RT mengambil langkah cepat dan langkah yang belum pernah di ambil oleh Ketua RT manapun. yaitu dengan cara mengecek SID [BI Checking] setiap kepala keluar beserta pasangannya.
Sebetulnya kami juga kaget dan agak kagum juga sama Pak Ketua RT ini , langkahnya cukup kita acungi jempol saya dan TEAM pun mendukung langkah Ketua RT ini, akhirnya kita pun mengambil kerjasama yang cukup intents selama 2 bulan , dan hasilnya pun tidak mengecewakan banyak yang terdata di SID , hasilnya sepenuhnya kita serahkan kepada Ketua RT.
Dan setelah beberapa bulan lamanya akhirnya ketua RT ini mengubungi kita lagi dengan motif yang agak berbeda dari sebelumnya, dan ini merupakan kerjasama kedua kali oleh Bapak satu ini , kali ini lumayan cukup luas cakupannya, well kita appresiasi kerjasama ini.
untuk para Ketua RT yang lain silahkan kalau mau cek SID [BI Checking] warganya, langsung inbox saja di FB kami

https://www.facebook.com/CekBIChecking/

Advertisements