Banyak sekali orang yang terlena dengan penggunaan kartu kredit disaat sedang berbelanja. Tak jarang kita sering melihat banyak orang yang pusing karena tagihan dari kartu kredit mereka membengkak begitu besar.

Untuk itu, sebaiknya kamu mengatur penggunaan kartu kredit dengan bijak agar kesehatan finansial kamu tidak terancam dengan tunggakan yang menghantui hidupmu setiap bulannya.

Berikut ini beberapa tips bijak menggunakan kartu kredit agar hidup lebih disiplin dalam hal finansial dan lebih tenang karena tidak dikejar dengan surat-surat tagihan.

Sedikitnya ada 4 tips sederhana yang dapat dilakukan dalam menggunakan kartu kredit dengan baik dan bijak.

Pertama

Jangan pernah membebankan setiap kebutuhan keluarga terhadap kartu kredit. Hal ini akan sangat merepotkan dan membuat kamu mau tidak mau menutup tagihan kartu kredit yang satu dengan kartu kredit yang lainnya. Apabila kamu sudah seperti ini, maka dapat dipastikan kamu akan mengalami kesulitan finansial dalam hidupmu karena tagihan yang datang akan terus membengkak seiring berjalannya waktu.

Kedua

Boleh saja jalan-jalan ke mal. Tapi pasang kacamata kudamu. Latihlah dirimu untuk hanya membeli barang-barang yang memang dibutuhkan. Bila ada keperluan yang dibeli, jangan malas mencari diskon atau promo-promo yang menguntungkan.

Baca Juga : Cara Gunakan Kartu Kredit Dengan Bijak

Belilah barang yang memang kamu punya uang untuk membayarnya. Jangan membeli barang dengan pemikiran kamu akan mencicilnya. Selalu lunasi tagihan kartumu, jangan bayar minimumnya. Ini adalah langkah salah yang bisa membawamu ke jurang jeratan tagihan. Sekali lagi, selalu lunasi seluruh tagihan kartu kreditmu.

Ketiga

Rencanakan dan pilah pembelian barang-barang atau kebutuhan tertentu mana yang harus menggunakan kartu kredit, mana yang sebaiknya menggunakan uang tunai. Gunakan kartu kredit untuk pembelanjaan online, barang yang bisa di-refund, atau bergaransi, serta pembelanjaan rutinmu seperti bensin, belanja bulanan, dan makan.

Baca Juga : Pilihan Kartu Kredit Yang Cocok Untuk Wanita

Belanja rutin berarti kamu punya uangnya untuk membayarnya nanti. Asalkan kamu tetap sesuai anggaran dan membayar penuh tagihan semua aman. Bahkan dengan belanja menggunakan kartu kredit, kamu bisa mendapatkan rewards point. Yang sering salah dilakukan adalah menyamakan fungsi kartu kredit sebagai kartu debit. Ini bisa fatal akibatnya. Hindari menarik uang tunai dengan kartu kredit, karena biaya tarik tunainya sangat tinggi.

Keempat

Jangan pernah lelah untuk mencari tahu promo-promo yang ada dalam penggunaan kartu kredit. Berhubung sering sekali kartu kredit menawarkan kamu beberapa promo yang dapat menghadirkan keuntungan seperti poin yang dapat ditukar dengan barang atau layanan tertentu hingga yang paling sering ditemukan potongan harga saat melakukan pembelian dengan kartu kredit. Hal ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin karena dapat memberikan keuntungan secara finansial.

Cukup mudah bukan bukan? Sebaiknya mulai membiasakan dirimu untuk menahan nafsu menggunakan kartu kredit secara berlebihan dan jadilah pengguna kartu kredit yang pintar dan dewasa dalam berbelanja.

Advertisements